AFC Bantah Tudingan PSSI Langgar Aturan



 Tudingan sebagian orang bahwa PSSI melanggar peraturan AFC terkait jumlah peserta kompetisi terbantahkan. Menurut perwakilan dari otoritas sepak bola Asia tersebut, wewenang untuk menentukan jumlah peserta adalah federasi sepak bola suatu negara.

 "Kami tidak bisa memaksa sebuah negara mengenai hal itu, yang jelas batas minimalnya 10 klub," kata Alisher Nikimbaev, Research & Assessment Manager AFC, seperti dilansir situs resmi LPI.

 Lebih lanjut, Nikimbaev menegaskan bahwa dalam sebuah kompetisi, masalah utamanya bukan berapa jumlah peserta kompetisi melainkan bagaimana mengelola seluruh pertandingan agar tidak melanggar peraturan. "Semua terserah PSSI. Misi kami ke sini bukan untuk mengotak-atik kompetisi, tapi melakukan verifikasi klub," ujar pria asal Uzbekistan itu.

 Alisher dan tiga rekannya, Benjamin Tan (Competition Manager AFC), Shahin Rahmani (Media), serta Avin Tee (Internal Audit Manager AFC), datang ke Indonesia untuk melakukan verifikasi terhadap kesiapan klub dan kondisi stadion, yang akan dijadikan kandang bagi klub-klub peserta kompetisi. Verifikasi dilakukan untuk melihat layak tidaknya klub-klub Indonesia berlaga di Liga Champions Asia (LCA) musim depan.

 Sebelumnya, keputusan PSSI untuk menggelar kompetisi dengan 24 klub peserta menuai protes dari banyak pihak. Umumnya, mereka mengatakan bahwa keputusan PSSI ini bertentangan dengan Statuta dan peraturan dari AFC.

0 comments:

Post a Comment

Post a Comment